Belajar berkomunikasi


Menjalani kehidupan seni sangat menyenangkan.  Salah satu seni dalam hidup adalah senyum.  Dengan tersenyum, kita dapat merasakan rasa yang berbeda dibandingkan dengan sebelum kita melakukannya.  Untuk dapat tersenyum, tidak membutuhkan biaya apapun.  Hanya perlu kerelaan dan kesediaan untuk menarik kedua ujung bibir kita ke samping kiri dan kanan secara simetris.  Seimbangkan panjangnya.  Lalu, nikmatilah apa yang sedang Anda alami bersamanya.  Begitulah, salah satu seni dalam hidup.

Selain itu, ada lagi seni dalam menjalani kehidupan, yaitu komunikasi.  Dengan melakukan komunikasi, kita memperoleh berbagai informasi yang kita butuhkan.  Ada banyak cara yang dapat kita lakukan dalam berkomunikasi.  Di antaranya yaitu, komunikasi verbal dan non verbal.  Komunikasi verbal adalah komunikasi dengan menggunakan kata-kata. Sedangkan komunikasi non verbal adalah komunikasi dengan menggunakan simbol, baik berupa gerak tubuh, sentuhan dan lain-lain.  Intinya adalah penyampaian pesan dengan tanpa kata-kata.

Apapun jenis komunikasi yang kita gunakan, tidak menjadi masalah.  Termasuk sarana apapun yang sedang kita gunakan untuk terciptanya komunikasi.  Namun yang lebih penting adalah dalam berkomunikasi dengan cara apapun, kita dapat menyampaikan berbagai pesan yang ingin kita sampaikan.  Sehingga penerima informasi mengerti dan memahaminya.  Apabila hal ini terjadi, maka komunikasi yang kita lakukan berakhir dengan kata “sukses”.  Namun, apabila hal yang kita maksud belum tercapai dengan baik, alias komunikasi “gagal”, maka mari kita belajar lagi. Ya, tentang berbagai trik dan tips yang perlu kita terapkan untuk terciptanya komunikasi yang ideal.  Dengan demikian, kita telah menjalani kehidupan dengan seni. Sehingga kita kembali bahagia bersamanya.

:)

About these ads

“Pesan-pesan positif dan konstruktif, sangat berguna demi masa depan kita”

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s