Cinta adalah Cerita INdah kiTA Kita yang seringkali…


Cinta adalah Cerita INdah kiTA. Kita yang seringkali terpesona alam-Nya. Lalu, tersenyum kita padanya.

“Hanya Engkau Yang Tahu siapa aku,
tetapkanlah seperti malam ini,
sucikan diriku selama-lamanya.
.a. .a. .a. .a. .a. (Do’a Qalbu)

***

Kita hidup di dunia yang penuh dengan masalah. Ia berwujud “… penjajahan, ambisi yang merajalela, kesombongan, banjir, harga BBM yang tinggi, biaya pendidikan yang mahal, longsor, persaingan yang ketat, harga diri yang murah, harga kebutuhan yang mahal, ketidakadilan, umat Islam yang tanpa identitas, drugs, pornografi, kerusakan alam yang parah, pengangguran, pergaulan bebas, …”.

Saat kita tidak mampu menghadapi masalah, akibatnya adalah stress dan kebingungan, serta tidak mampu menentukan arah pemikiran. Padahal, kita berada dalam naungan Islam yang mulia. Namun pola fikir kita bagaimana? Wahai insan… Bukankah Allah Yang Menjamin rizki kita?

***

Syukur, Alhamdulillâhirabbil’âlamîn. Karena di dalamnya, terbuka sebuah buku. Untuk kita pakai saat kita ingin menuliskan cerita tentang segala yang ada di hadapan. Selain itu, kita juga memiliki kesempatan untuk menjalankan amalan selama bersamanya. Yakinlah, tiada satu kejadianpun yang tidak ada hikmahnya. Semoga senantiasa mengingatkan kita akan peran Allah subhanahu wa ta’ala dalam setiap waktu yang kita jalani.

“Hidup kita di dunia adalah jalan menuju pulang”. Sedangkan pulang adalah kabar berita yang sangat menyenangkan, yes..? 😉 Karena kita dapat beristirahat dengan tenang dan damai, di tempat kita ber”pulang”. Lalu, seberapa banyak bekal yang telah kita persiapkan dalam menyambut waktu nan membahagiakan tersebut?

Banyak insan yang berhasil melewati perjalanan ini. Namun lebih banyak lagi yang tersesat… Stress. Stress adalah kondisi tegang yang tidak menyenangkan. Stress juga menyangkut toleransi terhadap pemecahan masalah. Stress dialami oleh seluruh insan. Tinggi rendahnya akibat yang “penderita” alami, tergantung pada tanggapan terhadap kehadiran;”nya” yang tadi itu. Stress berhubungan dengan fisik dan psikis (lebih mudah “tak sehat” dari yang tidak stress). Orang yang mudah stress, biasanya tidak bahagia. Karena stress yang ia alami berkaitan erat dengan perasaan bahagia. Ia menyangkut masalah emosional. Wah! Stress terberat, ini… 😀

Persepsi sang insan terhadap masalah akan sangat menentukan bagaimana ia menyikapinya. Percaya, kan kita yaa… Bahwa suatu permasalahan pasti tertakar “pas dan adil”, sesuai dengan kemampuan kita dalam menghadapinya. Bukankah sang insan akan menjadi lebih matang “?” dengan mengalami langsung aneka menu masalah. “Santap! Dan Mantab! Rasanya, yach? 😀 “. So, jangan anggap enteng setiap pengalaman yang kita jalani dalam proses hidup. Karena bukan hanya kita yang ia temui, akan tetapi juga menjadi pengalaman orang lain. So, jangan pula terlalu berlebihan dalam memandang dan menilai seorang insan, akan tetapi yang sedang-sedang saja.

Insan yang mempunyai kemampuan dalam merespon masalah, memberi efek terhadap sikap yang ia tampilkan. Semoga kita dapat menjadikan sang pewarna hari tersebut [baca; masalah] sebagai proses pembelajaran. Untuk menjadi penegas, agar di masa yang akan datang, ia dapat menjadi cerita terantik yang kita rangkai. Bersama, kita bisa menyelesaikannya. Yes!

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila dia berdo’a kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran”. (Q.S. al-Baqarah: 186).

@Allah Maha Dekat. Yaa, Allah, Guide Us to the Straight Way

Advertisements

“Pesan-pesan positif dan konstruktif, sangat berguna demi masa depan kita”

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s