Hehee Pulang dari Sangga Buana kali ini saya…


Hehee…
Pulang dari Sangga Buana kali ini, saya dan teman-teman yang lainnya juga, pastinya. Kami membawa sepaket oleh-oleh sebagai titipan dari Bapak Poppy Permadhy, Akuntan. Oleh-oleh tersebut berwujud 7 (tujuh) butir soal essay. Adapun soal demi soal tersebut tersusun indah dalam selembar kertas berukuran ‘Legal’. Karena, setelah saya mengamati, menerawang, mengintip setiap sudutnya dengan teliti. Hingga ke bagian terdalam, maka terlihat jelas. Bahwa sang kertas lebih panjang dari kertas berukuran A4, yang biasa kita pakai buat ngeprint. Lha… Kita? 😀

Nah, yang membuat saya terkagum-kagum dengan tampilan kertas yang telah ternodai ini adalah warna tintanya. Mengapa? Karena ia unik, sungguh menarik. Bagaimana tidak? Mulai dari kalimat singkat yang tercipta dari dua kata pada barisan pertama saja, saya langsung terpana. Karena, tintanya berwarna merah. Bunyinya, “Jurusan Akuntansi”. Lho? Akuntansi ada di mana, hayooo…

Kemudian, diikuti oleh kalimat-kalimat yang berikutnya. Ia tertulis dengan warna yang bervariasi. Ai! Si Bapak sungguh kreatif. Selamat untuk kreatifitas beliau yang mampu menjadi jalan tersenyumnya saya saat ini. Wahai, terima kasihku mengalir deras… seiring dengan mengguyurnya permata menyejukkan nan bertaburan dari langit. Ya, gerimis nan lumayan ramai, seakan menyampaikan pesan, “Selamat Menempuh Ujian. Good Luck, yaa…”. Begitu ia berucap bersama teriakannya nan menggemuruh. BbbrRRr… It’s very cold climate, today.

***

Setelah masing-masing kita memperoleh hadiah dari beliau, maka kami pun membawanya pulang. Oleh-oleh yang antik memang. Karena, setelah mendapat kepercayaan untuk dititipi. Maka kami perlu dan harus bin kuddu mengembalikannya lagi. Namun, dalam wujud yang lain. Yaitu berupa jawaban dan pembahasan dari soal tersebut. Keren kaan, oleh-olehnya. Baiklah, mari kita membukanya, untuk meneliti. Apa sajakah isi dari oleh-oleh tersebut?
Tralalaaaa…
A.A.A.a.A.A.Aa.a…
Berikut ini adalah… wujudnya nan cantik dan menarik. Ia berjumlah 7 (tujuh) butir saja. Sebanyak hari dalam seminggu, kann 😕

¤Soal : 01¤ (bertinta kuning langsat)
🙂 “Jelaskan apa yang dimaksud dengan “Akuntansi”? Penjelasan hendaknya dimulai dengan membahas definisi terlebih dahulu, dilanjutkan dengan memaparkan dari contents definisi tersebut.”

¤Soal : 02¤ (bertinta hitam manis)
“Jelaskan apa yang dimaksud dengan “Akuntansi Sektor Publik” serta dimana letak kedudukan dari “Akuntansi Sektor Publik/Akuntansi Pemerintahan” dalam struktur ilmu akuntansi. Penjelasan bisa mempergunakan bagan ditambah dengan penjelasan secara naratif.”

¤Soal : 03¤ (bertinta merah hati)
“Jelaskan perbedaan antara “Organisasi Sektor Publik” dengan “Organisasi Perusahaan/Swasta” serta jelaskan pula perbedaan dan persamaan antara: “Akuntansi Sektor Publik” dengan “Akuntansi Perusahaan”.

¤Soal : 04¤ (bertinta hijau lumut)
“Saudara diminta memaparkan secara singkat bagaimana perkembangan “Regulasi/Peraturan Perundangan di Sektor Publik di Indonesia”.

¤Soal : 05¤ (bertinta ungu nan anggun)
“Saudara diminta menjelaskan mengenai “Standar-standar Akuntansi Sektor Publik” baik standar Internasional maupun Standar yang ada di Indonesia termasuk penjelasan mengenai Standar Pemeriksaan Keuangan Negara di Indonesia.”

¤Soal : 06¤ (bertinta biru langit, bermentari pula)
“Jelaskan mengenai “Peranan dan Tujuan Pelaporan Keuangan”. Penjelasan hendaknya tidak hanya mencakup Peranan dan Tujuannya saja tetapi meliputi: Dasar hukum, Asumsi Dasar, Karakteristik, Prinsip Akuntansi serta Kendala Informasi yang relevan dan Andal.”

¤Soal : 07¤ (bertinta hijau muda)
Membahas Akuntansi Sektor Publik tidak dapat terpisahkan dengan pembahasan Anggaran. Penjelasan akan lebih bernilai tambah apabila dilengkapi dengan bagan tidak hanya bersifat naratif semata.”

@take home test. Untuk dikumpul Kamis 07 Juli 2011

Advertisements

“Pesan-pesan positif dan konstruktif, sangat berguna demi masa depan kita”

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s