Selamat Datang Teman, Selamat Jalan Teman….


Terima Kasih, yaa...

Terima Kasih, yaa...

Sebelum ini, memang saya tidak membuat list buku-buku apa saja yang telah saya nikmati. Namun, saya pasti terharu sungguh menggugu. Ketika menemui kenyataan bahwa salah satu dari buku yang pernah saya baca, kembali ke pangkuan. Ai! Bahagianya tiada terkira, sampai berbunga sungguh ceria, mekar indahnya. aHa! Begitu suasana jiwa yang saya alami sedetik semenjak sang sahabat kembali tertangkap oleh tatap retina mata ini.

Wahai… adakah engkau baik-baik saja, selama berada dalam genggaman beliau di sana, teman. Hiksss, untai air mata haru, menggenapi suasana damai dan teduh di pelupuk rasa. Ia sedang memberaikan apa yang terjadi kini “.

“Hannaaa…. ternyata, selama ini buku-buku ini ada bersama Hanna, yaaaaaaa…. ?”, histeria suaraku seraya menerima dua buah buku yang Hanna kembalikan. Dilanjutkan dengan gempita yang terdengar segera. Ya, hal ini terjadi, sejenak setelah Hanna mengetuk pintu kamarku. Lalu, beliau tersenyum seraya tersenyum lagi. Sungguh! Beliau semakin cantik dan menawan seketika.  Kemudian, suara-suara kami pun berbaur menjadi satu, memecah hening.

Hening? Ya, begitu suasana sebelum ini. Semenjak malam mulai mempertontonkan gulita, di bumi. Sedangkan para penghuni persada, sedang terlelap pula. Gelap. Sunyi. Mencekam. Namun, itu tadi. Karena kini, keadaan telah berubah, teman. Berubah drastis. Ya, ketika kita berkumpul, bersama, bercengkerama, dan berbagi, maka alampun mendadak berseri.

***

Mengisi sebagian malam bersama Hanna semalaman ini, semenjak senja menutupi siang sore tadi. Ada beberapa makna yang terpetiki dari bincang-bincang kita atas kebersamaan ini. Tentang solusi. Ya, temanya adalah ‘Solusi’. Mengapa ada solusi?

Adakalanya, kita mempunyai perbedaan cara pandang terhadap suatu hal, sekaligus perbedaan persepsi. Oleh karena adanya perbedaan itu, maka harmonispun mulai menepi. Ya, hal ini terjadi ketika ia secara perlahan mulai mengikuti alur kondisi. Kondisi yang sebenarnya sedang kita alami dan kita belum mau memahami arti kehadirannya. Maka disebutlah ia sebagai perbedaan. Padahal, sebenarnya harmonis itu ada kapanpun kita menginginkannya. Iya, kan temannn…..?😀

So, kesimpulannya adalah kembali lagi kepada diri kita pribadi. Apabila kita mengharapkan harmonis lebih sering menemani, maka kita perlu lebih bermudah-mudah dan bersuka cita dalam memahami. Apapun itu. Yes!

***

Hanna, beliau adalah salah seorang temanku di sini. Teman baik yang bahkan jauh lebih baik dari kata baik. Ya, bersama kebaikan yang beliau bawa dan melekat kuat pada sosok nan anggun ini, maka saya seringkali terharu dan tiada percaya pada kenyataan. Bahwa saat ini, segala mimpi dan harapan perlahan-lahan bertebaran di hadapan. Seperti ada bintang-bintang, gitu, teman… Ia memenuhi ruang pandangku kini.

Hanna, malam ini adalah malam terakhir kebersamaan kita di sini. Sekaligus menjadi malam perpisahan, untuk sementara. Ai!😦 ….. Perpisahan ini. Bersama detik-detik waktu yang berjalan maju, kami menghabiskannya bersama. Ketika tatap mata menguraikan segala rasa. Saat gerak gerik yang terlihat mulai mempertahankan keberadaannya. Iya, sampai tiada mampu lagi ku berkata-kata.

“Hanna wal Marjan. Hanna shaliha”.  Begini panggilan sayangku pada beliau. Setiap kali kami bersapaan, setiap kali itu pula saya menyenandungkan suara pada beliau dengan irama yang sudah biasa, “Hannnnnnnnaaaaaaaaaaaa…… I will miss you forever. Selamat jalan teman. Semoga kita berjumpa kembali yaaaaa. Selamat melanjutkan langkah-langkah yang pastinya lebih indah, bersama beliau di sana, dalam ikatan bernama ‘pernikahan’. Semoga sakinah, mawaddah, wa rahmah senantiasa yaaaahhhhh. “Barakallaahulaka wa baaraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fii khaiir” (Semoga Allah melimpahkan berkah kepadamu dan memberkahi setiap anugerahNya atasmu dan menghimpun kalian berdua dalam kebaikan). Aamin ya Rabbal’aalamiin.

🙂🙂🙂


“Pesan-pesan positif dan konstruktif, sangat berguna demi masa depan kita”

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s