Quote

 

"Ekspresikan gayamu!"
“Ekspresikan gayamu!”

Sikap bijak yang berkelanjutan, sangat mempengaruhi bagaimana kehidupan kita yang berikutnya. Karena, sekali saja ia terabaikan, maka akan sangat menentukan pencapaian pada masa yang akan datang. Ketika kita bermudah-mudah dalam memaafkan orang lain, maka akan lebih mudah pula bagi kita dalam memperoleh kebaikan. Berbeda halnya dengan seorang yang begitu mudah terbawa emosi. Akibatnya, ia menjadi tidak mudah dalam mengendalikan diri. Sehingga ia menjadi bersikap kurang bijak.

Sikap? Bagaimana kita tahu sudah bijak atau belum? Lalu, bagaimana cara untuk bersikap bijak? Ai! Seiring dengan perjalanan waktu dan perkembangan ilmu pengetahuan, serta pengalaman dalam menjalani hari, maka kita dapat mengerti arti satu kata ini. Bijak. Ia yang hanya tersusun dari lima huruf saja, namun perannya sangat menentukan siapa kita. Ya, sikap adalah cermin diri bagi siapa saja.

Tidak mudah memang, untuk bersikap bijak. Apalagi kalau kita masih merasa muda dan belia. Tentu saja masih sedikit pengalaman dan ilmu pengetahuan yang kita punya. Namun, usia tidak serta merta menjadi penentu kebijakan seseorang. Adalah kemauan untuk terus memperbaiki diri, yang paling menentukan apakah kita seorang yang bijak.

Oia, pernahkah engkau berjalan-jalan teman ke lain negeri. Ya, meski sejenak saja. Berjalan dalam artian memandang alam dan sekelilingnya. Engkau sedang berjalan meski ragamu tiada berpindah ke tempat lain. Lho, kok bisa? Engkau sedang berjalan-jalan bersama fikirmu, tentu sangat menyenangkan. Nah! Dengan cara seperti ini, maka kita dapat memperoleh pengalaman. Dan dengan cara yang sama kita dapat pula belajar untuk berbijak-bijak ria. Setidaknya, belajar untuk menjadi pribadi yang bijak. Aha! 😀 Membacalah….

Membaca, adalah salah satu aktivitas yang menarik. Dengan membaca, kita dapat menjelajahi ruang semesta. Walaupun kita belum dapat menjejakkan kaki-kaki ini di lain negeri, namun dengan membaca maka kita mampu sampai di sana, segera. Meski dalam impian. Wuuiiiih. Seru sekali!

Ada banyak jenis bacaan yang dapat kita konsumsi untuk menambah pengalaman. Pun, beraneka bahan bacaan sedang mengantri untuk kita sentuh. Lalu, maukah kita membersamainya meski beberapa lama saja, dari waktu yang kita punya? Selama dua puluh empat jam kita di dunia dalam seharinya. Selama itu pulakah kita terlena dengan segala yang ada? Belum sempatkah kita untuk membaca?

Ada banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari aktivitas membaca. Salah satunya adalah menjadi terbiasa. Siapa yang terbiasa membaca, maka ia dapat mencapai apa yang ia cita. Bersama bahan bacaan yang ia dekati, maka tersenyumlah ia lebih indah. Membaca yuuks. Meski sebaris kata. Membaca yuuks, walaupun sebuah pigura. Membaca yuuuks, walau seraut wajah. Kita membaca yuuks, meski setangkai senyuman. Mari kita membaca yuukss, meskipun sebuah ekspresi.

Orang yang bijak adalah siapa saja yang mampu berekspresi pada tempat yang pas. Ketika ia semestinya berekspresi penuh senyuman, maka ia tersenyum menawan. Begitu pula dengan sikap, seorang yang bijak sangat pintar dalam menempatkan diri. Kapan ia bersikap keibuan, kapan ia bersikap kebapakan, dan kapan pula ia bersikap kekanak-kanakan. Ai! “Ekspresikan gayamu!“, sebaris kalimat yang seringkali Ukhti sampaikan padaku, sedang ku ingat kini. Kalimat ini beliau sampaikan, setiap kali saya meminta pendapat, pada sahabat baikku yang satu ini.

Bersikap bijak?
Yes!
😀
Bijaklah dalam bersikap, maka engkau selamat

 

“Untuk sebaris nama yang saat ini hinggap di hati, buatmu teman… ku berikan senyuman ini.
Bagimu sahabat yang senantiasa menemani,… ku sampaikan suara hati.
Walaupun saat ini kita masih bermimpi, enjoy it. Karena mimpi adalah jalan menuju kenyataan.”

🙂 🙂 🙂

 

Membaca Sikap

Advertisements

“Pesan-pesan positif dan konstruktif, sangat berguna demi masa depan kita”

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s