Penuh Kehangatan dan Kekeluargaan


Sejenak halaman terpenuhi oleh kumpulan para sahabat yang menyinggahinya. Kemudian, tidak berapa lama setelah itu mendadak terdengar gemuruh riuh suara-suara yang menandakan bahwa masih ada para sahabat yang bersuka cita. Ya, ada banyak orang ternyata, di sana. Kemudian, segera ku melangkahkan kaki-kaki ini untuk membuktikan bahwa apa yang baru saya dengarkan baru saja adalah benar adanya.

Para sahabat adalah beliau-beliau yang menjadi jalan tersenyumnya kita setelah lama tertegun dalam sendiri. Beliau adalah titipan terindah sebagai hadiah yang paling berkesan. Menyimpan namanya di relung jiwa, adalah salah satu upaya untuk merumuskan dan menyimpulkan teka-teki kehidupan. Ya, agar kita kembali menyadari, semua adalah hiasan.

Para sahabat, hadirnya tidak dapat kita prediksi, apalagi untuk menduga-duga, tentang siapa yang akan kita temui hari ini. Begitu pula dengan kebersamaan. Tidak dapat kita meramalkan lamanya waktu untuk bercengkerama bersama. Kalau kita terbuai suasana, alamat kecewa yang akan kita rasakan. But, saya yakin, engkau adalah seorang yang tegar dan kuat, wahai teman. So, apapun yang akan terjadi setelah pertemuan, hadapilah ia dengan senyuman. Apalagi tentang perpisahan, memang ia seringkali menampakkan diri. Bukankah tiada yang abadi di dunia ini?

Pertemuan, kebersamaan dan perpisahan, akan senantiasa ada selama kita pernah ada di alam ini. Karena semua itu adalah kata-kata yang tercipta untuk kita. Pertemuan yang memberikan kejutan dan ketidakterdugaan yang mengingatkan kita pada hari-hari yang penuh kesan. Kebersamaan yang mampu mensenyumkan wajah-wajah kita menjadi lebih indah, hingga meriahnya hari-hari terasa. Pun tentang perpisahan yang menjadi perantara raga untuk bersama. Sempurnai kehadirannya dengan memetik hikmah, pesan dan kesan. Niscaya kita mengerti, tentang arti hadir diri.

Ketika kita mau mengulang kisah perjalanan dengan memutar video kenangan, maka kita tahu bahwa salah satu pilihan yang dapat kita lakukan saat ini adalah, ‘enjoyourtime’. Ya, nikmati waktu yang sedang kita jalani saat ini dengan memanfaatkannya optimal. Karena setelah saat ini, ia hanya akan menjadi  kenangan. Lalu, kenangan yang bagaimanakah yang sedang kita ukir saat ini, wahai teman?

Setahun, dua tahun, tiga tahun, bukanlah hitungan yang sedikit. Kalau kita mau memaknainya. Karena dalam masa yang lebih dari satu hari tersebut, terdapat berjam-jam yang terlewatkan. Apalagi menit dan detiknya yaa.. ? Aha! Sungguh! Akan semakin lama waktu yang bergulir kalau kita berusaha menikmatinya. Lalu, alangkah beruntungnya sesiapa saja yang mampu mengukir kenangan terindah di dalamnya. Ya, kenangan yang tidak dirangkai dengan waktu satu atau dua hari, namun lebih dari seribu hari. Waaaa… banyaknyaa.

Telah tiga tahun ia berlangsung, semenjak saat itu. Ya, dua ribu delapan adalah hitungan angka tahun yang akan berakhir. Tepatnya tanggal sembilan belas Desember. Yes! banyak kisah yang tercipta pada hari yang telah lama berlalu. Namun, selamanya ia ada di dalam jiwa. Kenangan akan kebersamaan kita, para personel CGD. Hingga kini, tepat tiga tahun setelahnya. Ada diantara kami yang masih ada di sini, bahkan tidak sedikit yang saat ini telah menjauh pergi. Hikszz.. bukan perpisahan namanya ini, namun hanya batasan pertemuan raga. Karena selamanya, kita adalah satu, dalam naungan bumi-NYA yang satu.

Walaupun raga-raga kita telah berada pada kota yang tidak sama. Meskipun ada diantara kita yang tidak dapat lagi bertatap mata, karena jarak yang menjadi pembeda. Namun yakinku, jiwa-jiwa kita telah menyatu. Bukan untuk hadirkan haru, namun untuk menyentakkan qalbu. Agar ia kembali hidup. Agar ia kembali mau mengingatkan kita, untuk menyentuh rasa. Lalu hadirkan tanya yang sama, “Bagaimana kabarmu, wahai yang di sana?”.

Selama mentari masih bersinar untuk menghangatkan semesta, maka selama itu pula kita semua dapat saling mengingat. Sepanjang jalan kenangan membentang jiwa, selama itu pula ada asa yang terus kita rangkai bersama. Ya, karena bersama kita bisa! Untuk mencapai tujuan yang telah kita rancang sedemikian rupa.  So, mari kita melangkah bersama.

🙂 🙂 🙂


“Pesan-pesan positif dan konstruktif, sangat berguna demi masa depan kita”

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s