Menang – Is?


Galilah potensimu, temukan dirimu di dalamnya. Lihatlah sekelilingmu, yang menjadi jalan suksesmu. Pergauli teman-temanmu, mereka sama denganmu. Walau terkadang, banyak yang berbeda. Namun hakikatnya sama.

Engkau menemukan dirimu, untuk menemukan siapa teman-temanmu. Engkau bersosialisasi, agar banyak jalan suksesmu. Bersama mereka engkaupun menjadi tahu, siapakah engkau yang sesungguhnya?? Engkau unik dan istimewa, engkau adalah dirimu. Menjadilah dirimu, teman.

Engkau yang awalnya satu, kini tak lagi begitu. Ada yang senantiasa ada untukmu, melangkahlah bersama.

Buka mata, lalu melihatlah,

Optimalkan fungsi telinga, lalu mendengarlah,

Raba hati, lalu rasakanlah apa yang oranglain rasakan,

Indera penciuman, ada pada hidungmu, pedulilah pada keadaan,

Ada kulit yang terlilhat pada dirimu, alam sungguh luasnya,

Renungkanlah…

Bila suatu waktu engkau berfikir, mengapa aku  masih saja salah dan disalahkan? Padahal aku berbuat sebaik-baiknya? Mengapa oh, mengapa?

Engkaupun tertunduk, terduduk dalam ketidakmengertianmu. Engkau terlihat layu, kuyu dan tanpa semangat. Engkau mungkin saja belum menyadari, bahwa engkau memang tak sempurna.

Sadarilah…

Kalau saja engkau tak sadar, maka engkau mungkin saja akan membangga-banggakan dirimu, engkau  merasa hebat! Padahal, Ada Yang Maha Hebat, Ada Yang Maha Kuat, Ada Yang Maha Sempurna, menangislah… karena engkau bukan siapa-siapa dihadapan-Nya, kalau saja engkau tidak bertaqwa. Ingatlah Allah senantiasa, dalam setiap gerak gerikmu. Maka engkau mampu bertahan, lalu bangkit lagi dan kembali bangkit! Engkau bukan yang mereka nilai. Engkau adalah dirimu yang tak lagi sendiri. Innallaaha ma’ana.

Terkadang, engkau memang merasakan kehilangan jati diri. Engkau seakan tiada berguna lagi, engkau frustasi, dan  putus harapan. Namun, bukan untuk hal yang demikian engkau ada. Karena sesungguhnya engkau tahu, apabila engkau mau lebih banyak mendengar. Engkau mampu, apabila engkau lebih banyak berbuat.

Membacalah hamparan alam, meski selembar raut muka,

Menyimaklah, nasihat-nasihat berharga,

Perhatikanlah benar-benar, bagaimana seseorang menitipmu pesan,

Lalu petiklah informasi di dalamnya, untuk engkau pesankan. Apabila di dalamnya ada yang engkau tak harapkan, namun terjadi, semoga engkau tak berbuat hal yang serupa. Apabila engkau temukan keluhuran budi dan kebaikan bersamanya, jagalah agar engkau dapat membersamainya. Karena engkau adalah pribadi dengan kemuliaan. Engkau ada untuk  menjadi berguna. Karena engkau bermanfaat.

Akuilah apabila engkau salah, lalu minta maaflah pada sesama. Terimalah banyak masukan yang membangunkanmu, lalu bangkitlah dari lelap itu. Berikanlah sebaik-baik pesanmu, agar oranglain dapat belajar dari kisahmu. Semoga pengalamanmu berarti, bagi sesiapa yang menghayati.

Lalu, tersenyumlah…

Engkau yang tak pernah sendiri, selalu ada yang menemani. Engkau yang seringkali merasa sunyi, sesungguhnya sedang berbahagia. Karena berangkat dari kesunyian, kita belajar mengenali keramaian. Belajar dari keramaian, kita mengenali kehidupan. Karena kelak pada akhirnya, kita pun akan sendiri kalau saja tak bangkit saat ini. Akankan selamanya, kita begini?  Hidup dalam bayang-bayang yang kita ciptakan sendiri.

Insyaflah, wahai diri…

Buatmu yang saat ini merasa berada di alam yang gelap, gulita tanpa penerangan, kelam menyelingi waktu demi waktu yang engkau jalani. Saat engkau melangkah dalam kelammu. Engkau kehilangan arah, tanpa tujuan.

Teruslah melangkah dan berjalan, meski matamu belum lagi dapat melihat sinar terang. Teruskan perjuangan, karena di depan sana ada cahaya. Kalau saja engkau mau bangkit dari keterpurukan, lalu berusaha terus-terusan. Maka engkaupun sampai pada tujuan. Iringi usaha dengan keinsyafan, kembalikan semua pada Rabb-mu. Maka engkau akan temukan kedamaian.

Teruslah berjalan, tanpa mengenal apa itu lelah. Karena engkau mampu. Setelah engkau tahu siapa dirimu yang sesungguhnya.

Ya, siapakah engkau?

🙂🙂🙂


“Pesan-pesan positif dan konstruktif, sangat berguna demi masa depan kita”

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s