Tebar Pesan


Belum lama kami berpisah, setelah saling bertukar kisah. Ada hikmah yang sahabat pesankan saat ia menitipkan beberapa buah kata padaku. Ya, sebelum kami benar-benar tidak lagi dapat bertatap mata dan berhadapan wajah. Aku ingin merangkainya segera, agar ia tidak lapuk oleh ingatan yang mudah saja berubah. Ingatan yang memberiku pernyataan bahwa ternyata aku tak sendiri. Banyak orang di luar sana yang sungguh-sungguh dalam menjadikan banyak pesan yang ia terima sebagai bagian dari hikmah. Dan mereka ambil beberapa patah kata di dalamnya untuk segera mereka selipkan pada sejarah. Salah satunya adalah sejarah kehidupan mereka. Dan mereka yakin, semua itu akan menjadi rangkaian hikmah demi hikmah bagi sesiapa saja yang belum tentu mendapatkan pesan serupa dari sahabatnya.

Ia yang ingin menjadi bagian dari agen perubahan, mereka yang siap berjuang tak kenal lelah. Karena mereka punya Allah Yang senantiasa ada setiap kali mereka ingat pada-Nya. Dengan demikian, tidak ada lagi alasan yang mereka luahkan karena mereka tidak berbuat. Namun, selalu ada alasan yang mereka sediakan atas apa yang mereka lakukan. Dan alasan tersebut adalah salah satu jalan yang menjadi wadah pergerakan. Mereka yang yakin bahwa dengan terus bergerak, maka mereka sedang dalam proses untuk berubah.

Buat apa menyaksikan senyuman yang seringkali merekah? Kalau saja mereka masih mudah marah? Lalu mereka pun menyadari bahwa tidak ada seorangpun insan yang tidak pernah salah. Akhirnya, mereka mengalah dan kini berubah menjadi pribadi-pribadi yang ramah. Berlemah lembut dalam ucapan namun penuh dengan untaian hikmah. Bersikap penuh ketawadu’an dan mencerminkan teladan berkepanjangan. Selain itu, mereka pun ingin menciptakan suasana yang penuh dengan pembelajaran. Walaupun mereka tidak berada di lingkungan sekolah dengan materi pelajaran. Namun mereka terus belajar, untuk menjadi insan pembelajar. Insan yang kaya akan ilmu dan membagikannya dengan mudah. Mereka lah yang benar-benar dinanti kehadirannya apabila tiada. Dirindu kedatangannya, apabila jauh. Mereka dekat di hati, sekalipun raganya telah berada di dalam tanah.

Mind

Mind

🙂🙂🙂


“Pesan-pesan positif dan konstruktif, sangat berguna demi masa depan kita”

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s