Upayakan Cita Hingga Menjadi Nyata


Hari-hari

Hari-hari

Dalam melanjutkan perjalanan kehidupan di dunia, aku teringat sebuah cita.

“Alangkah indahnya menjadi bagian dari orang-orang hebat. Kehadirannya mempunyai makna, ketiadaannya menimbulkan tanya. Walaupun di dalam perjalanan, ia menerima aneka tanya. Sekalipun dalam melangkah ia terkadang menjadi jalan bahagia. Namun ia tidak pernah merasa. Karena ia benar-benar menghayati perjalanannya.

Menjawab tanya dengan segera, itu yang ia lakukan apabila ia memang mengetahui jawabannya. Namun segera memberitahu kebelumtahuannya pada si penanya adalah pilihan yang ia berikan. Agar tiada lagi yang bertanya-tanya kepadanya.

Dengan penuh keyakinan ia melangkah saksama. Berdiri tegak di atas kaki sendiri, adakah cita yang sudah lama ia cipta. Karena dengan demikian, ia semakin mengenal siapakah dirinya yang sebenarnya?

Terus bergerak dan melangkah selama ia berada di dunia, itulah yang sangat ia suka. Karena dalam yakinnya dan keteguhan hati berkata, “Bahwa ia berharga, kehadirannya penuh makna. Kalau bukan di sini, mungkin saja di sana.” Sehingga ia meluangkan lebih banyak waktunya untuk berjalan-jalan mengitar dunia. Bukan untuk kerja yang sia-sia, namun demi menemukan makna dalam perjalanan.

Pernah pula terbersit dalam pikir ku pada suatu masa. Bahwa aku akan segera berangkat menuju berbagai tempat yang ingin aku kunjungi. Dengan tidak perlu berpikir lama, aku dapat sampai di sana -berbagai negeri di dunia-.

Sedangkan pada sore ini, menjelang senja nan sahaja. Para cita nan mengerlingkan matanya sedang menggodaku rupanya. Ia sampaikan melalui kedipannya yang sederhana bahwa aku pun bisa menjadinyatakan cita, tak lagi sekadar asa. Ia menjadikanku yakin. Lalu, aku yang sedang berdiri hanya mampu menatapnya balik. Aku memberinya tanya, tanya yang ingin aku tanyakan. Namun tanpa suara, ia kembali membuatku yakin. Ia membuatku semakin percaya bahwa cita itu ada karena ia benar-benar ingin menjadikan siapa saja yang pernah menciptakannya, berbahagia. Berbahagia karena ternyata cita benar memberikan bukti nyata.

“Ada senyuman yang selayaknya menjadi jalan untuk merengkuh cita. Karena ia dapat menjadi jalan sampaikan engkau pada ku,” bisik cita untuk ke sekian kalinya. Setelah beberapa bisikannya aku abaikan begitu saja. Ayaa… Betapa teganya aku padanya. Namun kini, setelah aku menerima bisikan yang berikutnya dari para cita, maka aku ingin membersamainya selama-lamanya. Karena cita adalah jalan yang sedang mengiringi ku. Ia yang kehadirannya belum aku sadari, kadang kala. Dan beberapa masa, aku akhirnya mau menumbuhkan kepedulian padanya.

“Wahai cita, kita masih tetap sahabat kan yaa…,” ungkap ku pula.

Berharap ia mensenyumiku yang sedang meminta persetujuannya. Ya, agar ia menjadi sahabat ku yang terbaik untuk selama-lamanya. Hingga akhir usia, tentu saja. Dengan demikian, aku kembali teringatkan pada pesan-pesannya pada ku yang sedang melanjutkan langkah di dunia. Agar aku masih mau menatap kerlingan matanya. Kerlingan nan akhirnya meninggalkan kedipan sederhana di dalam jiwa. Jiwa ku yang saat ini bersama pikir, teringat pada cita. Salah satunya adalah cita untuk menjadi bagian dari orang-orang hebat! Orang-orang hebat yang mempunyai keistimewaan dan ia berharga.

Aku ingin memelihara ingatan yang sama, hingga raga berpisah dengan jiwa. Lalu, pada saat yang sama hanya jiwa yang berbicara atas apa yang ia rasa, ia alami, dalam hari-harinya di dunia.

🙂🙂🙂

Engkau yang awalnya satu. kini tak lagi begitu. Ada yang senantiasa bersamamu dalam melangkah. Buka mata, lalu melihatlah. Optimalkan fungsi telinga, lalu mendengarlah. Raba hati, lalu rasakanlah apa yang sesama rasakan. Indera penciuman, ada pada hidungmu. Pedulilah pada lingkungan. Ada kulit yang membentang luas pada dirimu, itulah alam.
Renungkanlah…”

~ Marya Sy ~


“Pesan-pesan positif dan konstruktif, sangat berguna demi masa depan kita”

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s