Pengalaman Hidup


Capung merah, salah satu serangga yang hidup d...

Pengalaman………..

Mendengar kata yang satu ini, apa yang terbayang dalam pikiran kita?
Tentu bermacam-macam, bukan?


***

Karena masing-masing kita memaknai kata ini menurut apa yang kita bayangkan. Namun, yang terpenting pastinya semua bayangan itu adalah tentang masa lalu (yang telah kita alami). Baik itu satu detik yang lalu, satu menit, satu jam, kemaren, kemaren lusa, seminggu yang lalu, sebulan yang lalu, setahun yang lalu, atau dalam waktu yang telah lama sekali. Selalu ada arti dari setiap pengalaman yang kita miliki.


***

Pengalaman yang kita alami tentu berbeda-beda, meninggalkan kesan suka, duka, haru, senang, sedih, dan lain-lain. Walau bagaimanapun segala kesan yang telah kita rasakan tersebut akan selalu ada dalam memori kita dan akan selalu dikenang sepanjang masa. Dan pengalaman inilah sesungguhnya yang akan membentuk pribadi kita.
Pengalaman adalah sesuatu hal yang sangat berharga dan bermakna. Yang bisa menjadikan kita lebih bijaksana, lebih teguh dan tegar, lebih tabah, lebih sabar, dan menjadi lebih baik dari sebelumnya.
Tidak semua orang mengalami pengalaman yang kita rasakan. Dan perbedaan aktivitaslah yang menyebabkan semua itu.

***

Saat masih kecil……..engkau punya pengalaman seperti apa, iyyaaa…?

*** Mungkin engkau masih ingat, pengalaman-pengalaman masa kecil yang begitu mengesankan. Kalo aku…, apa yach? pengalaman masa kecil yang masih kuingat? (mikir).  Oia, ada. Pengalaman yang gak akan pernah kulupa; begini ceritanya:

……..Saat itu aku menangis ketakutan. Waktu itu aku sedang berkunjung ke rumah tetangga yang ada “doggi-nya“.  Aku masih ingat, waktu itu umurku 6 tahun. Umur yang masih muda dengan wajah yang super cute. Mungkin karena itu kali ya? si doggi menggonggong ke arah aku. Si doggi pengen kenalan atau menyapa aja, aku kurang tau karena yang kuingat, waktu itu aku spontan berteriak histeris…………….!!!! (karena ketakutan yang begitu memuncak, aku hanya bisa diam di tempat dan menangis).  (ngebayangin saat itu, aku kembali terharu. Nangis lagi achh…. )

Then,… Mendengar ada suara jeritan, Sang Tuan Rumah pun keluar dan menenangkanku. Lalu memberikan secangkir air putih untuk ku minum, dan aku pun kembali tenang,…seperti saat ini. 🙂


***

Salah satu efek dari kejadian waktu itu?, aku jadi takut sama makhluk Tuhan yang satu ini, sampai saat ini. Kalo ketemu sama dia, aku langsung menghindar dan menyelamatkan diri. Jangan sampai pengalaman ini terulang lagi. Kan malu dunk, hari gini aku spontan teriak histeris lagi, karena di sapa oleh si doggi. 😀 Kan ngga lucu… 😉

***
Hikmah penting yang bisa kuperoleh dengan kejadian ini, :

“kalau engkaudanaku sedang ketakutan atau kaget, segera minum air putih, untuk menetralkan kembali pikiran kita yang sempat shock.

***
Bagaimana dengan Engkau di sana? Pasti juga ada pengalaman yang sangat berkesan dan tidak akan pernah terlupakan, sampai saat ini. Dan ada juga hikmahnya bukan?

***
Selalu ada hikmah di setiap kejadian & pengalaman walau bagaimanapun pahitnya, Yakinlah!

***
Di setiap saat yang telah kita lewati, tentu banyak pengalaman yang di temui dalam waktu-waktu tersebut. Adakah kita telah mampu mengambil hikmah dari semua kejadian tersebut??
Ataukah kita hanya membiarkan waktu itu berlalu begitu saja, tanpa mengambil ibrah dan peringatan, terutama untuk diri sendiri?? Untuk perbaikan diri dalam menjalani kehidupan di dunia ini.  Sesungguhnya tidak ada yang sia-sia dalam perjalanan hidup ini.
***
Sesungguhnya tak ada yang di ciptakan dengan sia-sia. Yakinlah, Allah Maha Tahu apa yang sedang engkau kerjakan. Makanya, berbuatlah yang terbaik yang engkau mampu, agar tidak ada penyesalan di akhir kehidupanmu nanti.

Mari kita sama-sama memperbaiki diri dan berjanji di dalam hati sanubari, untuk berbuat yang terbaik, dengan tidak merugikan orang lain.


Yuuuks!

🙂

……… 🙂 ……..

***

Dan akan banyak kendala, halangan dan rintangan yang akan engkau temui dalam sela-sela perjuangan ini. Semua tak akan berjalan semulus yang engkau bayangkan sebelumnya. Karena memang itulah tujuan engkau ada di dunia ini. Engkau di ciptakan untuk di hadapkan pada berbagai macam rintangan, halangan dan godaan, sebagai ujian bagi keimananmu.
Maka, agar engkau sukses menjalani semua itu, bekalilah dirimu semaksimal mungkin semenjak dini dengan hal-hal yang bisa memperkuat keimanan.
Insya Allah, Engkau akan sukses sampai ke akhir perjuangan dan perjalananmu di dunia ini.


***
Semoga Rahmat Allah selalu menyertai perjuanganmu, menemani pengabdianmu dalam meraih redho Allah Swt.

Amiiiin.
Bahkan engkau akan merasakan betapa indahnya saat terakhir engkau berada di dunia ini, dengan menyandang gelar hamba tercintaNya dan menjadi kekasihNya.

Amiiin.


Laa haula walaa quwwata illaaa billaaahil’aliyyul’aziim.
Tiada daya dan kekuatan hamba tanpa pertolonganMu Ya Rabb,
Ya Robbi Engkau yang mengetahui semua yang terbaik bagi kami.

🙂

Tabahkan kami dalam perjuangan ini….

Kuatkan kaki kami dalam melangkah….

Sampaikan kami ke tempat tujuan yang indah itu….

“KeredhoanMu”

Aamiin

🙂


One comment


“Pesan-pesan positif dan konstruktif, sangat berguna demi masa depan kita”