Ada 3 tiga proses yang kita tempuh dalam…


Ada 3 (tiga) proses yang kita tempuh dalam belajar. Adapun tiga proses tersebut adalah mendengarkan, melihat dan melakukan. Masing-masing proses tersebut, ada akibatnya. Kalau kita hanya mendengarkan, maka sangat mudah bagi kita untuk tidak ingat pada apa yang kita pelajari. Lalu, kalau kita hanya melihat saja, maka kita lebih mudah untuk mengingatnya. Ini ternyata lebih baik dari yang pertama tadi. Kemudian ada satu permintaan lagi dalam belajar. Ia adalah melakukan. Dengan melakukan, maka kita menjadi lebih mudah untuk mengerti.

Seperti sebuah bait berikut, yang berhasil saya gali dari catatan masa lalu. Ia ada karena saya pernah mendengarkannya. Lalu saya melihat siapa yang menyampaikannya. Namun belum cukup sampai di sini. Karena saya pun menuliskannya. Hingga akhirnya, saya mengerti kini. Bahwa, melakukan adalah jalan terbaik untuk mengertikan kita. Lalu? Mana nie, bait yang saya maksudkan? Inilah dia…

“Saya dengar dan saya lupa”
“Saya lihat dan saya ingat”
“Saya lakukan dan saya mengerti”
(By: Ibu Guru; pahlawan tanpa nama)

Wahai Ibu Guru,
kata demi kata yang beliau rangkai, berbuah senyuman di wajahku kini. Ya, saya yang saat ini sedang menempuh jalan ini. Jalan yang pernah Ibu guru teladankan dulu. Merangkai kata.

Wahai Bapak guru,
susunan kalimat yang dulu Bapak latihkan, ia menjadi teman yang baik hati, sampai saat ini.

@Terima kasih,


“Pesan-pesan positif dan konstruktif, sangat berguna demi masa depan kita”