Wahai musafir…. ^_^


Dari Abu Hurairah ra. bahwasanya Nabi saw. bersabda, “Bepergianlah engkau sekalian, maka engkau sekalian akan sehat. Dan berjihadlah engkau sekalian, maka engkau sekalian akan berkecukupan.” ~ HR. Ahmad, yang dishahihkan oleh Imam Nawawy.

Dari Abu Hurairah ra. bahwasanya Nabi saw. bersabda, “Bepergianlah engkau sekalian, maka engkau sekalian akan sehat. Dan berjihadlah engkau sekalian, maka engkau sekalian akan berkecukupan.” ~ HR. Ahmad, yang dishahihkan oleh Imam Nawawy.

Nak…. jangan engkau sia-siakan Ibumu, beliau telah berjasa begitu banyak padamu.  Mengandungmu, melahirkan dan menyusuimu, menyapihmu hingga engkau berumur 2 tahun.  Lalu tak cukup sampai di sana, beliau menjagamu, mengajarimu, mendidikmu, dan mengenalkan engkau pada Tuhanmu.  Lalu saat engkau telah dewasa kini, apa yang telah engkau berikan pada beliau?  Walau memang jasa beliau tiada mungkin akan terbalas dengan apapun juga, namun masih ada kesempatan bagimu untuk membuat beliau tersenyum.  Ya… tersenyum menatap wajahmu, tersenyum menikmati indahnya suaramu, tersenyum mendengar kabar darimu.  Lalu beliau kembali tersenyum dan bahagia ketika engkau mampu menjaga dirimu, saat engkau sekarang jauh dari beliau.  Beliau begitu terharu padamu Nak.

Nak…. sudahkah engkau berdo’a untuk beliau saat ini?  Walau jarak memisahkanmu karena perbedaan tempat tinggal kini, namun yakinlah, hatimu selalu berdekatan dengan beliau.  Ada seonggok darah di dalam tubuhmu yang kembali bersatu walau ragamu kini memang tiada bersatu lagi.  Ada harapan di sana.  Ada cerita di sana.  Ada banyak kisah berkumpul di sana.  Setiap kali dari hatimu ada do’a untuk beliau, itu membuat beliau semakin bahagia.  Cerah suara beliau yang engkau dengar kini, sampaikan pertanda do’a-do’a beliaupun sedang mendekat padamu, menyapamu dalam diammu.  Nyaringnya getaran suara yang sampai ke pendengaranmu, buktikan kasih dan sayang beliau begitu tulus untukmu.

Nak….. saat engkau merasa ada ganjalan di hatimu, segera sapa beliau, Ibumu…., do’a beliau perkuat keyakinanmu.  Memohon do’a pada beliau adalah pilihan yang dapat engkau lakukan.  Engkau mampu bahagia diiringi doa-doa indah dari beliau Nak.  Engkau dapat lakukan apa yang engkau mau, berteman uraian airmata beliau yang mengalir deras setiap kali berdo’a untukmu.  Engkau masih dapat berekspresi saat ini, pun karena campur tangan beliau untukmu.  Setetes keringat beliau yang mengalir di siang yang terik saat engkau masih kecil dulu, saat membimbing tanganmu berjalan, engkaupun tak kan mampu mengembalikannya.  Lalu, apa yang engkau lakukan sekarang demi membahagiakan beliau, Nak…?

🙂 🙂 🙂

Seorang sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, siapa yang paling berhak memperoleh pelayanan dan persahabatanku?” Nabi Saw menjawab, “ibumu…ibumu…ibumu, kemudian ayahmu dan kemudian yang lebih dekat kepadamu dan yang lebih dekat kepadamu.” (Mutafaq’alaih).

🙂 🙂 🙂

PiC


One comment


“Pesan-pesan positif dan konstruktif, sangat berguna demi masa depan kita”