Yes!


Merefresh sejenak,
meski belum terlalu banyak,
bolehlah….. yak?
Kini, saya sedang mengenangkan “Amak”,
beliau yang sangat banyak berpesan pada sang “Anak”,
“Hati-hati di jalan ya, Nak”, begini beliau menyampaikan kata-kata yang mulai terkuak.

 

Ridho

Ridho

Amak, panggilanku pada beliau.  Perempuan pertama yang menyelimuti fikir ini.  Beliau yang menjadi perantara hadirnya diri ini ke dunia. Beliau yang menjejali hari-hari ini dengan banyak nasihat berharga, bermakna, meski dalam kalimat-kalimat nan sahaja.  Beliau yang seringkali saya panggil “Ibunda” dalam setiap rangkaian kata yang tercipta.  Semenjak dahulu kala.  Setiap kali saya berkesempatan merangkai kata-kata di lembaran maya ini.  Ya, begini salah satu cara saya untuk memuliakan beliau.  Dengan mengingat beliau dalam detik demi detik waktu yang saya jalani. Lalu, menyampaikan isi suara hati dalam rangkaian huruf demi huruf.  Saya sangat ingin, nama beliau lebih sering menemani perjalanan ini.  Agar lebih banyak lagi senyuman di lembaran hari-hari.  🙂

 

Amak, panggilan yang begitu sempurna.  Saya begitu senang setiap kali mengingat kemudian mengenangkan beliau.  Seiringan dengan hadirnya senyuman ini.  Karena saya membayangkan dengan sepenuh hati, senyuman beliau yang seringkali terangkai, dalam percakapan kita di “udara”.  Setiapkali kita berkesempatan pula bercengkerama di persambungan suara itu.  Ya, beliau lebih sering terdengar ceria dalam suara.  Hingga akhirnya menyebar pula pada saya. Wahai Ibunda….. beberapa hari terakhir, senyuman Ibunda terus menyapa lebih sering.  Ya, lebih sering dari biasanya.  Setiap kali itu pula saya bergumam pelan, “Rabbighfirli wa liwaalidayyaa warhamhuma kamaa rabbayaani saghiira”. Do’a ini untuk beliau di sana…..

Amak, panggilan untuk beliau semenjak masih kanak-kanak.  Hingga kini, kelak dan selamanya. Untuk seorang perempuan yang melahirkan saya ke dunia ini.  Lalu beliau menyentuh pelosok jiwa ini dengan beraneka butir permata-permata itu. Beliau menitipkannya sangat banyak.  Membanjir.  Untuk saya pakai dan manfaatkan setiap kali saya menginginkannya.  Maka, ketika kelonggaran menyelimuti hati ini, saya menitikkannya beberapa tetes di sana.  Untuk membasahi jiwa.  Seketika itu juga, Ibunda bersama wajah yang berhiaskan senyuman itu, menari-nari di pelupuk mata.

Amak, saya senang beliau bahagia.  Ya, saat ini saya tersenyum bahagia demi bahagia Ibunda.  Karena saya menyadari, pertautan hati-hati kita sangat berpengaruh pada beliau di sana.  Ketika saat ini saya sedang mengingati beliau, lalu tersenyum…. 🙂 semoga beliaupun mengalami hal yang sama.  Wahai Ibunda, terima kasih atas segala cinta yang Ibunda titipkan ini.  Ananda kembali, untuk menebarkan senyuman kita.

@Ibunda tersayang…..

🙂 🙂 🙂

 

 


“Pesan-pesan positif dan konstruktif, sangat berguna demi masa depan kita”